Mau ke Semarang ? Obyek ini wajib ada kunjungi

7 Keajaiban Dunia Di Indonesia
March 22, 2017
TOUR KARIMUN 4 HARI 3 MALAM – Wisata Bintang
July 15, 2017
Lawang Sewu Setelah di Pugar

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu Ikon Wisata yang ada di Kota Semarang yang bersejarah. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan kuno ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak, sehingga penduduk sekitar menyebutnya Lawang Sewu. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Setelah puas dari lokasi ini Anda juga bisa ke Tugu Muda dan Museum Mandala Bhakti yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.
Gereja Blenduk

2. Kota Lama

Di Kawasan Kota Lama terdapat berbagai macam bangunan kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda. Keberadaan Kota Lama ini menunjukkan bahwa Kota Semarang sejak dulu sudah menjadi sentra perekonomian dan pusat pemerintahan. Saat berkunjung ke Kawasan Kota Lama destinasi pertama yang bisa dikunjungi adalah Gereja Blenduk yang menjadi landmark dari wisata ini. Beberapa bangunan kuno yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Untuk lebih menambah sensasi menikmati eksotisme Kota Lama Semarang ini, sekarang sudah tersedia Bus pariwisata yang siap mengantar berkeliling menikmati Kota Lama Semarang. Bus Pariwisata ini diberi nama Semarjawi, yang merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Bus ini di operasikan sejak tanggal 28 Oktober 2014.
Sam Poo Kong

3. Klenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Po Kong atau juga dikenal dengan Gedung Batu merupakan tempat yang bersejarah. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat pendaratan Laksamana terkenal dari China yaitu Laksamana Cheng Ho ketika mengunjungi Pulau Jawa pada tahun 1400 an. Peristiwa pendaratan Laksamana Cheng Ho ini selain diabadikan dalam bentuk Klenteng Sam Poo Kong juga diadakan sebuah perayaan yang diadakan dengan mengadakan arak-arakan yang dimulai di Kuil Tay Kak Sie di Gang Lombok kemudian dilanjutkan mengarak Patung Sam Poo Kong ke Gedong Batu.
Masjid Agung Jawa Tengah

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Lokasi wisata yang kerap disebut MAJT ini sekitar enam kilometer dari Kota Lama ke arah timur. Di destinasi ini selain melihat keindahan masjid juga bisa mengunjungi menara Asmaul Husna lewat puncaknya. Di sana dapat melihat pemandangan kota Semarang lewat teropong yang disediakan. Di menara pun juga terdapat museum yang mengoleksi benda – benda bersejarah seperti miniatur Menara Kudus dan peta persebaran Islam di pulau Jawa. Ada pula berbagai benda pusaka para penyampai agama Islam dan lukisan tokoh Islam pada periode itu. Tak lupa, seperangkat gamelan yang pernah menjadi media Sunan Kalijaga menyebarkan Islam lewat misi budaya. Puas keliling di lantai dua, kita bisa menuju lantai tiga yang menyimpan koleksi yang lebih menonjolkan profil para santri pada masa itu. Selain menara, juga bisa menyaksikan payung raksasa seperti di Madinah setiap hari Jumat saat shalat Jumat. Biasanya empat payung raksasa dipelataran masjid dibuka saat siang hari.
Vihara Buddhagaya Watugong

5. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong adalah tempat beribadah umat agama Budha. Namun selain untuk ibadah vihara ini juga dibuka untuk masyarakat umum apabila berkenan melihatnya. Di Vihara ini terdapat Pagoda Avalokitesvara yang sudah jadi ikon Vihara ini. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang telah ditetapkan oleh MURI sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia denagn tinggi 45 meter serta memiliki 7 tingkat. Di dalam pagoda terdapat beberapa patung seperti Patung Dewi Kwan Im, Patung sang Buddha dll.
Desa Wisata Kandri

6. Desa Wisata Kandri

Dinamakan dengan Desa Wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. Desa Wisata Kandri juga memiliki obyek wisata yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang. Dari kedua obyek wisata tersebut, Goa Kreo adalah objek wisata yang konon masih berkaitan erat dengan cerita sejarah proses pembangunan Masjid Demak oleh Sunan Kalijaga. Sedangkan Waduk Jatibarang sendiri adalah waduk buatan yang memang sengaja dibentuk untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Kandri tersebut.
Candi Gedong Songo

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran bagian selatan dengan ketinggian sekitar 1.200 m dari permukaan laut sehingga suhu udara di kawasan wisata ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Suasana sejuk hawa pegunungan serta terbebas dari polusi udara akan menjadikan pengelaman tersendiri bagi para pengunjung yang suka akan keindahan alam. Sesuai dengan namanya, Gedong Songo yang berarti terdapat 9 bangunan candi yang tersebar di komplek kawasan wisata alam yang begitu luas dan mempesona. Lokasi antara candi satu dengan candi yang lainnya tidak berdekatan sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak ratusan meter agar bisa melihat keseluruhan candi-candi yang ada. Namun jangan khawatir, meskipun nafas harus terengah-engah akan mudah terobati dengan udara segar bahkan keindahan alam yang terkadang bisa melihat secara dekat kabut dingin yang turun dari atas gunung.

Kota Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang termasuk dalam salah satu kota besar di Indonesia. Kota Semarang terkenal dengan Simpang Limanya, dimana tempat ini sudah menjadi ikon Kota Semarang. Kota Semarang memiliki berbagai macam tempat wisata yang layak di kunjungi. Diantara Tempat wisata yang ada di Kota Semarang ini ada yang berupa wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *